Tuesday, October 6, 2020

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Konten Duplikat

Sesuai dengan namanya, konten duplikat adalah konten yang seluruh isinya sama. Duplikat konten sendiri bisa muncul karena banyak hal. Bisa jadi konten duplikat muncul karena topik yang sama memang sudah dibahas ribuan kali, sehingga ada beberapa kalimat yang memiliki bunyi yang sama.

Namun selain itu, konten duplikat juga seringkali muncul karena ada orang lain yang malas untuk membuat konten sendiri dan lebih memilih untuk menyomot konten orang lain.

Apapun penyebabnya, konten duplikat adalah hal yang buruk buat blog manapun. Makanya pastikan blog lo selalu bersih dari konten duplikat. Kalau ketahuan Google, blog lo bakal dicap jelek dan lo bakal sulit buat mengembangkan blog.

Untungnya sekarang cek konten duplikat tidak perlu dilakukan secara manual. Ada banyak tools gratis yang bisa lo pakai. Namun sebelum lo pakai, cek dulu apakah tools plagiarisme tersebut punya fitur-fitur di bawah ini atau tidak.


1. Jumlah Indeks yang Banyak

Tools anti plagiarisme yang bagus harus punya database yang banyak banget supaya hasilnya lebih akurat. Makanya kalau ada kejadian terdetek duplikat di tools yang satu tapi di tools yang lain tidak, berarti ada perbedaan database yang dimiliki dua tools tersebut.

2. Punya Fitur Rewrite

Fitur rewrite (penulisan ulang) akan sangat berguna untuk membuat konten duplikat menjadi unik. Jadi lo tidak perlu mikir lagi, konten pun bisa langsung terlihat beda dari sebelumnya.

3. Support Banyak Format Input

Biasanya kita cuma bisa copy paste isi konten buat cek konten duplikat atau tidak. Tapi beberapa tools yang bagus juga menyediakan fitur supaya lo bisa upload dokumen dalam berbagai format seperti txt atau docx.

4. Bisa Cek via URL

Selain upload teks sendiri, ada juga tools anti duplikat yang bisa cek via URL. Jadi lo tidak perlu repot buat copy paste isi konten yang sudah dipublish satu-persatu.

5. Ada reportnya

Jadi selesai dicek, lo bisa tahu bagian mana saja yang bermasalah supaya bisa langsung diperbaiki.

Lalu apa saja tools yang bisa dipakai untuk memeriksa konten duplikat dengan kriteria di atas? Untuk yang gratis rasanya tidak ada karena hanya tools premium saja yang memiliki semua fitur di atas.

Namun untuk penggunaan pribadi, beberapa tools gratis seperti plagiraisme checker dari Small SEO Tools, Quetext, atau plagiarism checker dari Search Engine Reports cukup bisa diandalkan.

Share:

0 Post a Comment:

Post a Comment